23 Mei 2008

Bertelepon ria dengan menggunakan Laptop dan WiFi

Wah..wah..jaman sekarang biaya telepon makin lama makin tak jelas biayanya..daripada ambil pusing bayar pulsa telepon, ternyata telepon bisa gratis loh..cman butuh laptop, headset, ma softwarenya doank..^^..walopun jangkauannya masi pendek bgt, tapi kan lumayan..hehe..

begini caranya..

1. Sediakan :
a. Dua laptop atau lebih yang dilengkapi dengan wireless adapter
b. Headset
c. Installer software X-lite dan asterix
2. Install software X – lite dan asterix
3. Setelah proses instalasi selesai buka folder program asterix ( biasanya bernama cygroot ) – asterisk – etc. Kemudian buka file sip.conf dengan menggunakan notepad / wordpad.
4. Setelah terbuka ketiklah syntax berikut pada bagian terbawah dari file tersebut. Syntax nya :
[(nama yang terlihat pada saat Voip berlangsung)] (enter)
Type = friend
Host = dynamic
Context = default
Username = (username pengguna voip)
Secret = (password pengguna voip)
Dtmf mode = rfc2833


(yang menuliskan syntax ini adalah pengguna yang berlaku sebagai host / server. Cukup satu orang saja. ). Jumlah penulisan syntax ini sesuai dengan jumlah pengguna yang akan menggunakan fasilitas voip. Misalnya ada dua orang, maka pada file sip.conf server, syntax ini ditulis dua kali, dengan nama, username, password yang berbeda.
5. Buka file extensions dengan menggunakan wordpad / notepad.
6. Tulislah syntax berikut diatas kata – kata [default]
Exten => (tentukan no telepon pengguna, pada demo ini 4 digit),1,Dial (SIP/username yang telah ditentukan pada file sip.conf),20,rt)
Exten => (no telepon pengguna yang telah ditentukan),2,Hangup
7. Sama seperti pada file sip.conf, jumlah penulisan syntax pada file ini bergantung pada beberapa banyak user yang akan menggunakan fasilitas ini.
8. Save setting pada kedua file tersebut (sip.conf dan extensions)
9. Aktifkan program asterisk dengan cara : klik start – all programs – AsteriksWin32PBX – PBX manager and Console – klik Tools – PBX start ( apabila muncul “Unable to connect server”, ulangi klik tools – PBX start sampai muncul tulisan Asteriks ready)
10. Setelah asterisk ready, hubungkan laptop – laptop yang akan ber-Voip ria dengan menggunakan wifi (ad – hoc). Caranya :
a. Hidupkan wifi
b. Connect ke salah satu wireless network yang tersedia.
c. Jika tidak tersedia maka buatlah dengan masuk ke “change the order of preferred network” – add – isi nama jaringan yang akan dibuat – masuk ke advanced – ubahlah ke computer – to – computer – apply – ok. Klik refresh pada “View Wireless Network Connection”. Maka nama jaringan yang baru dibuat akan muncul.
d. Samakan setting ip address, subnet mask, dan default gateway laptop – laptop yang akan berhubungan. Pada kolom DNS dikosongkan.
e. Connect ke jaringan wifi yang baru dibuat tadi.
f. Laptop – laptop sudah terhubung.
11. Run program X- Lite
12. Masuk ke SIP account setting – properties
13. Isilah username dan password yang telah dituliskan pada sip.conf server. Sedangkan pada kolom domain isilah dengan ip address server, kemudian pilihlah target domain.
14. Pada server restarlah program asterisk. Dengan cara buka AsteriksWin32PBX – PBX manager and Console – Tools – Restart PBX sampai asterisk kembali ready.
15. Pada program x lite akan muncul tulisan registering kemudian akan terlihat nama user yang tadi telah di set pada sip.conf server.
16. Untuk menelepon user lain tekanlah nomor user yang telah ditentukan pada file "extensions" server.
17. Selesaiii..^^

klo bingung, jangan lupa tanya loch..^_^

Tidak ada komentar: