23 Mei 2008

Setting Access Point Linksys

haii..haii..semuaa..bagi kalian2 yang sedang bingung untuk mensetting access point..mungkin beberapa kata berikut dapat membantu kalian..^^

1. Sediakan :
   a. Access point, pada posting ini yang dipakai adalah access point Linksys
   b. Laptop
   c. Kabel straight
   d. Switcher internet
   e. Tusuk gigi atau bolpoin
2. Restart access point dengan menggunakan tusuk gigi atau bolpoin untuk memperoleh default ip address dari access point tersebut ( default ip address access point Linksys adalah 192.168.1.245)
3. Hubungkan laptop dengan access point dengan menggunakan kabel straight
4. Samakan ip address dan default gateway laptop dengan default ip address access point.ip address laptop : 192.168.1.246, default gateway laptop : 192.168.1.245. Cara masuk ke setting ip laptop adalah : klik start – connect to – wireless network – properties – TCP / IP.
5. Buka browser internet, kemudian ketikkan 192.168.1.245 pada address dan enter. Jika sebelumnya, koneksi internet anda menggunakan proxy, maka disable lah proxy setting terlebih dahulu.
6. Kemudian akan muncul settingan access point Linksys.
7. Ubahlah settingan broadcast wireless network dengan masuk ke menu wireless network. Tulislah nama SSID ( nama wireless network yang akan terbaca pada komputer orang lain ketika wifi diaktifkan ) kemudian pada menu “broadcast wireless network” ubahlah ke enable.
8. Save setting dan tutup browsernya.
9. Hubungkan access point ke switcher internet.
10. Ubahlah ip address, default gateway, dan DNS server laptop anda sesuai dengan jaringan internet yang ada di daerah anda. Pada posting ini, jaringan yang digunakan adalah jaringan internet Laboratorium Telekomunikasi dan Multimedia B.301, Teknik Elektro ITS
11. Nyalakan WiFi laptop dan connect lah ke wireless network yang telah anda buat sebelumnya.
12. Anda dapat mengakses internet dan WLAN dengan menggunakan access point Linksys dengan nama wireless network yang telah anda set sebelumnya.
13. Selesai dahhhh...^^

Selamat mencoba..^_^

Tidak ada komentar: